Sabtu, 26 Agustus 2023 - 19:33:14 WIB
Jenis Olahraga yang Efektif Turunkan Berat Badan Dengan Cepat
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Olahraga - Dibaca: 29699 kali

Medan (wartamedan.com) -

Cara jitu untuk turunkan berat badan yaitu dengan berolahraga secara rutin. Terdapat berbagai olahraga yang efektif menurunkan berat badan sampai mungkin membuat kamu bingung untuk menentukan olahraga mana yang paling tepat, bukan? 

Memang mempunyai berat badan yang ideal menjadi impian untuk semua orang. Diet dan berolahraga bisa memperbaiki mood, mengurangi terserang berbagai penyakit memperkuat tulang. Apabila ingin turunkan berat badan, terdapat berbagai jenis olahraga yang dapat membantu turunkan berat badanmu. Yuk, simak ulasanya berikut ini. 

Lakukan Olahraga Berikut untuk Turunkan Berat Badan 

Nah, di bawah ini terdapat rekomendasi dan ulasan dari setiap olahraga yang dapat kamu lakukan untuk turunkan berat badan. 

1. Jalan kaki 

Berjalan kaki sangat bagus untuk turunkan berat badan dan mudah sekali dilakukan. Kamu tidak memerlukan pakaian atau perlengkapan khusus untuk melakukan olahraga ini. Tidak hanya itu, berjalan kaki pun dapat kamu lakukan kapan dan di mana saja. 

Kamu dapat membuat target untuk berjalan kaki setiap hari selama 30 menit. Penelitian menemukan jika berjalan kaki dengan durasi tersebut bisa membakar setidaknya 167 kalori dalam tubuh. 

Semakin kamu sering melakukannya, maka kamu semakin terbiasa. Apabila telah menjadi kebiasaan, kamu dapat menambahkan durasi berjalan kaki supaya lebih banyak lagi kalori yang terbuang. 

2. Jogging 

Selain berjalan kaki, jogging pun dapat menjadi olahraga untuk turunkan berat badan yang dapat kamu coba lakukan dengan konsisten. Jogging bisa membakar kalori sebanyak 300 sampai 379 kalori hanya dalam waktu 30 menit, tergantung pada kecepatan dan intensitas yang kamu dapatkan. 

Sama seperti berjalan kaki, jogging juga tidak memerlukan perlengkapan khusus, kamu hanya perlu menggunakan pakaian dan sepatu yang nyaman saja. Apabila tidak terbiasa berlari di lapangan, maka kamu dapat berlari memakai treadmill. 

Jogging harus kamu lakukan dengan konsisten. Untuk mengawalinya, maka kamu dapat mencoba jogging selama 20-30 menit setiap harinya. Apabila kamu melakukan olahraga ini secara rutin, lama durasi mu melakukannya pun pasti akan bertambah sebab telah terbiasa. 

3. Lompat tali 

Meskipun olahraga ini tampak sederhana, jangan menganggap remeh manfaat dari lompat tali ini untuk program diet mu. Karena, lompat tali memiliki efektivitas membakar kalori yang sama seperti jogging. 

Lompat tali untuk intensitas yang rendah bisa membakar sebanyak 281 kalori dalam 30 menit. Tetapi, bila kamu melakukan lompat tali dalam intensitas tinggi, maka hal tersebut bisa membakar sampai 421 kalori untuk durasi yang sama. 

Namun ingat, jangan memaksakan ketika kamu pertama kali melakukannya. Kamu mungkin bisa melakukan selama 20 hingga 30 menit saja, namiun lakukan tidak lebih dari 5 menit dan berikan jeda sampai mencapai target yang kamu inginkan. 

4. Bersepeda 

Tidak hanya berguna menjadi sarana transportasi saja, bersepeda pun dapat kamu jadikan sebagai olahraga untuk membantu turunkan berat badan dengan cara yang menyenangkan. Untuk kamu yang malas bersepeda di luar, kamu dapat memakai sepeda statis yang biasanya ada di gym. 

Bersepeda di luar ruangan selama 30 menit bisa membakar kalori sebanyak 180-360 kalori dan untuk latihan sepeda statis bisa membakar sekitar 250-280 kalori dengan lama waktu yang sama. 

Selain bisa membantu kurangi berat badan, ada manfaat lain dari bersepeda yang bagus untuk kesehatanmu secara menyeluruh. Bersepeda bisa turunkan berbagai resiko penyakit seperti kanker, jantung dan penyakit berbahaya lainnya. 

5. Berenang 

Berenang merupakan alternatif olahraga yang sangat menyenangkan guna membantu turunkan berat badan. Khususnya bila kamu mempunyai kolam renang pribadi, maka kegiatan ini dapat kamu lakukan setiap hari. 

Salah satu artikel dari Harvard Health mengungkapkan, berenang dalam waktu 30 menit dapat membakar sebanyak 298 kalori jika berenang dengan gaya punggung, 409 kalori renang gaya kupu-kupu dan 372 kalori renang gaya dada. 

Lalu, manfaat berenang pun dapat kamu rasakan bila mempunyai masalah persendian atau cedera. Hal tersebut sebab olahraga yang satu ini termasuk low-impact sehingga tidak akan menimbulkan banyak dampak berlebihan dalam tubuh. 

6. Yoga 

Walaupun yoga biasanya dilakukan secara bersama-sama, olahraga untuk menurunkan berat badanmu ini pun dapat dilakukan sendirian. Terlebih sekarang sudah ada banyak video di Youtube yang bisa mengajarkan yoga online, sehingga kamu tidak perlu khawatir bila harus melakukannya tanpa ada instruktur. 

Yoga terbukti dapat mengurangi berat badan, meskipun jumlah kalori yang dibakar tidak begitu banyak. Melakukan olahraga yoga selama 40 menit bisa membakar sebanyak 149 kalori. 

Tidak hanya itu, yoga juga bermanfaat untuk kesehatan mental. Kamu dapat lebih mengontrol hawa nafsu dan tubuhmu seperti nafsu makan berlebihan dan kurang sehat. Tentunya hal tersebut sangat bagus untuk membantu tubuhmu mengatur pola makan ketika diet. 

7. Pilates 

Meskipun gerakannya hampir sama dengan yoga, pilates adalah versi lebih modern yang ada menjadi bentuk latihan fisik yang fokus pada penguatan dan rehabilitas tubuh. Pilates menggabungkan serangkaian pernapasan dalam dan gerakan lambat. 

Bagi kamu yang masih pemula, olahraga pilates bisa dikatakan sangat mudah. Lakukanlah selama 30 menit sehingga bisa membakar 108 kalori, sementara untuk latihan berikutnya kamu dapat membakar sampai 168 kalori. 

Keunggulan dari pilates yaitu mengurangi nyeri punggung, menguatkan persendian yang lemah dan cedera. 


Nah, itu tadi beberapa rekomendasi olahraga yang efektif menurunkan berat badan dan bisa kamu lakukan di rumah. Semoga dengan membaca ulasan di atas bisa membantu kamu yang masih bingung dalam menentukan olahraga untuk mengurangi berat badan.

 

 

 

 

 

-a1/asc-




0 Komentar :


Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)