Selasa, 17 Juli 2018 - 02:46:24 WIB
Bawaslu RI Lantik 7 Komisioner Sumut
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Politik - Dibaca: 481 kali

Medan (wartamedan.com) -

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI melantik tujuh komisioner Bawaslu Sumut periode 2018-2023  di hotel Arya Duta Medan. Pelantikan tersebut ditandai dengan pengambilan sumpah oleh ketua Bawaslu RI, Abhan didampingi komisioner Fritz Edward Siregar, Ratna Dewi Petalolo dan Rahmat Bagja.

Dalam kesempatannya, Ketua Bawaslu RI mengucapkan terima kasihnya kepada tiga komisioner  lama atas dedikasi serta amal baktinya selama menjabat sebagai komisioner Bawaslu Sumut. "Terima kasih kepada komisioner lama atas dedikasinya hingga pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2018secara keseluruhan berjalan aman dan lancar," ujar Abhan seperti dihimpun GoSumut, Senin, (16/7/2018).

Oleh sebab itu, ditegaskannya, kesusksesan tersebut bisa dijadikan  bekal untuk mengawal Pemilhan Umum (Pemilu) Tahun 2019.
Karena, 2019 Pemilu yang pertama kali dilakukan di Indonesia secara bersamaan dengan pemilihan anggota Legislatf.
"Karena itu, perlu kesiapan untuk menghadapi pemilu tahun 2019 yang saat ini tahapannya sudah berjalan," tegasnya.
Sekaitan dengan hal itu, disebutkannya, karena dilakukan secara bersamaan, tentu kerumitan Pemilu Tahun 2019 akan lebih tinggi.

"Oleh karenanya, Bawaslu sebagai penyelenggara dalam menghadapi pemilu 2019 harus mempersiapkan diri untuk melakukan pengawasan secara optimal," sebut orang nomor satu di Bawaslu RI  ini. Maka dari itu, Abhan mengungkapkan, Komisioner Bawaslu harus solid.  "Karena, modal utama melakukan pengawasan keluar ialah soliditas. Ditambah integritas, mentalitas dan profesionalisme," ungkapnya.

Sebelum mengakhiri, Abhan mengimbau kepada komisioner yang baru dilantik agar segera melakukan konsolidasi dengan pihak terkait termasuk KPU dan  unsur dari sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakumdu). "Konsolidasi dengan pihak terkait harus secepat mungkin dilakukan oleh komisioner yang baru dilantik," imbaunya seraya mengatakan semoga komisioner sekalian bisa mengemban amanah. 

Selain itu, Abhan juga mengucapkan terimakasihnya kepada Tim Seleksi (Timsel) Bawaslu Sumut.  Ia berharap, Timsel punya tanggungjawab moral terhadap Bawaslu yang dilantik. "Timsel harus punya tanggungjawab moral untuk mengawasi kinerja Komisioner Bawaslu Sumut," harapnya.

Hadir pada kesempatan tersebut Pj Gubsu, Kapolda Sumut Irjen Pol Drs Paulus Waterpauw  perwakilan Pangdam, mewakili Kejatisu, Ketua KPU dan Ketua KPID serta tamu undangan lainnya. Usai dilantik, tujuh komisioner yang dilantik masing-masing Herdi Munte, Syafrida Rachmawati Rasahan, Henry Simon Sitinjak, Marwan, Agus Salam, Suhadi Sukendar Situmorang dan Johan Alamsyah langsung melakukan rapat pleno menentukan ketua dan perangkat kerja Bawaslu Sumut.

 

 

 

-a1/gsc-




0 Komentar :


Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)