Sabtu, 26 Agustus 2023 - 19:49:18 WIB
Sandi : Seni Ilustrasi Potensial Majukan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Ekonomi - Dibaca: 42995 kali

Medan (wartamedan.com) -

Sektor kreatif di Indonesia memiliki potensi besar untuk meningkatkan perekonomian jika dikembangkan dengan benar. Salah satunya karya kreatif seni ilustrasi yang semakin menjadi kebutuhan utama di berbagai sektor kreatif. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan, ilustrator memiliki peran penting dalam membantu memvisualisasikan ide dan konsep produk atau layanan, serta menambahkan nilai artistik pada desain. Ini menjadi peluang besar bagi para ilustrator untuk mengembangkan keterampilan dan membuka usaha sendiri di bidang ini.

"Seni ilustrasi adalah salah satu sub-sektor yang bertumbuh paling cepat di ekonomi kreatif. Hampir semua sektor, sub-sektor dan produk-produknya membutuhkan jasa ilustrator. Film, musik, produk, kuliner, fesyen, semua membutuhkan jasanya. Ilustrator adalah salah satu profesi enterprenurial yang akan semakin dibutuhkan saat Indonesia semakin maju," ujar Menparekraf Sandiaga Uno saat berkunjung ke Pameran Ilustrator Bangga Berbudaya Asli Indonesia yang digelar di M Bloc, belum lama ini. Maka itu, dalam era digital seperti sekarang, ilustrator juga dapat memanfaatkan teknologi untuk membuat karya mereka lebih interaktif dan mudah diakses oleh khalayak luas. Dalam menghadapi persaingan yang semakin ketat, para ilustrator perlu terus belajar dan mengasah kemampuan agar tetap relevan dengan permintaan pasar. Namun, jika memiliki kreativitas dan keterampilan yang baik, peluang sukses di bidang seni ilustrasi akan terbuka lebar.

Dalam kunjungan ke Pameran Ilustrator Bangga Berbudaya Asli Indonesia ini, Sandiaga Uno menyempatkan diri menyapa pengunjung pameran yang sedang mengikuti kelas lokakarya bersama ilustrator Popomangun.

Menparekraf juga berharap gerakan #LocalsUnite dari Tehbotol Sosro dapat membantu menyatukan kreativitas bangsa. "Masyarakat kita dikenal senang bergotong royong. Meskipun kita berkompetisi, namun jati diri bangsa Indonesia yang sesungguhnya adalah berkolaborasi. Begitu banyak peluang di depan mata dan kita harus bisa menciptakan kolaborasi untuk meraih peluang ini," kata Sandiaga Uno. Sandiaga menambahkan, gerakan #LocalsUnite juga dapat mendukung terciptanya 4,4 juta lapangan kerja baru berkualitas yang ditargetkan pemerintah. "Kita harus meneruskan budaya kerja kolektif dan menciptakan karya yang mengangkat budaya dan jiwa Indonesia. Kita harus berwawasan global tapi kekuatan kita terletak pada kearifan lokal. Kita punya peluang yang besar dan kita bisa meraihnya bersama-sama," katanya. Perlu diketahui, Kemenparekraf tengah menyiapkan program yang mendukung para kreator untuk mendaftarkan hak kekayaan intelektualnya dan menjajaki kerjasama yang bisa membantu pembiayaan usaha di sub-sektor ini. Sebelum meninjau karya-karya yang dipamerkan, Sandiaga Uno mengajak peserta lokakarya untuk mengirimkan karya ilustrasinya untuk dinilai oleh Popomangun. Pemenang akan diundang ke acara mingguan Kemenparekraf yang dihadiri Menparekraf untuk memperkenalkan dan mempromosikan karyanya. Pameran Ilustrator Bangga Berbudaya Asli Indonesia yang digelar Tehbotol Sosro dibuka sejak 11 Agustus 2023, menyuguhkan lebih dari 1.000 karya ilustrator peserta kompetisi desain Tehbotol Sosro dalam rangka kemerdekaan ke-78 tahun RI. Pada acara pembukaan juga diluncurkan 16 kemasan desain khusus karya Yessiow dan 15 pemenang kompetisi desain.  "Kami ingin ‘memberi kembali’ kepada negeri yang kami cintai ini, di antaranya melalui kolaborasi dengan para kreator membuat karya yang mengangkat budaya asli Indonesia. Kami berharap kolaborasi ini menjadi semangat bagi kreator lainnya untuk terus mengasah kreativitas mengangkat budaya asli Indonesia,” tutur Chief Marketing Officer PT Sinar Sosro, Sabrina Kharisanti.

 

 

 

 

-a1/inc-




0 Komentar :


Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)