Rabu, 5 Juli 2023 - 14:06:23 WIB
Bank Sumut Catat Laba Bersih Sebesar Rp 376 Miliar di Semester I 2023
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Ekonomi - Dibaca: 22982 kali

Medan (wartamedan.com) -

PT Bank Pembangunan Daerah Sumatera Utara (Bank Sumut) berhasil mempertahankan kinerja positif pada semester I 2023 dengan membukukan laba bersih sebesar Rp 376 Miliar.

Perolehan laba bersih itu meningkat 8.7 persen dibanding periode yang sama pada tahun sebelumnya yaitu sebesar Rp 346 miliar.

"Pencapaian kinerja semester I 2023 yang sangat positif ini merupakan buah dari kerja keras dan soliditas yang dilaksanakan seluruh jajaran Bank Sumut dalam mencapai target bisnis yang telah ditetapkan," Ujar Jajaran Direksi Bank Sumut, Hadi Sucipto didampingi Arieta Aryanti dan Eksir, Minggu (2/7/2023) 

Dikatakannya, untuk penyaluran kredit dan pembiayaan, Bank Sumut mencatatkan pertumbuhan sebesar 8.5 persen dengan total oustanding kredit dan pembiayaan Rp 28.6 triliun dibanding tahun sebelumnya Rp 26.4 triliun. 

Selain itu, porsi portofolio penyaluran kredit produktif Bank Sumut mencapai 45 persen dari total penyaluran kredit. 

"Porsi kredit produktif tersebut berasal dari kredit modal kerja dan kredit investasi yang disalurkan, yang menunjukkan semakin berjalannya fungsi intermediasi bank sekaligus peningkatan peran Bank Sumut untuk menggerakkan perekonomian di Sumatera Utara," tuturnya

Pertumbuhan laba dan kredit tersebut juga dipacu dengan upaya perseroan untuk menekan biaya, tercatat BOPO Bank Sumut berada di level 74.9 persen atau lebih baik dari target yang direncanakan sebesar 76 persen. 

Sedangkan Rasio kredit bermasalah atau NPL gross sebesar 2.7 persen dibawah yang ditetapkan Regulator.

Sementara total aset Bank Sumut mencapai sebesar Rp 40.7 triliun dan Dana Pihak Ketiga (DPK) tercatat sebesar Rp 33.3 triliun.

"Saat ini perseroan fokus pada peningkatan laba bersih, untuk mencapai target laba dimaksud, selain berupaya memacu pertumbuhan kredit, LDR Bank Sumut sendiri tercatat sebesar 85.8 persen yang menunjukkan optimalisasi DPK terhadap penyaluran kredit dan pembiayaan," ungkapnya.

"Perseroan juga berupaya menekan biaya dana dengan fokus mengejar dana murah di sektor ritel. Selain itu untuk menjaga kualitas pembiayaan yang diberikan, Bank Sumut jelas Hadi juga melakukan monitoring dan supervisi manajemen risiko secara keseluruhan," pungkasnya.

 

 

 

 

 

 

-a1/tmc-




0 Komentar :


Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)