Senin, 20 Juli 2020 - 00:45:22 WIB
Fabio Quartararo Juarai Grand Prix Spanyol
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Olahraga - Dibaca: 86 kali

Medan (wartamedan.com) -

 

 

Pembalap muda Fabio Quartararo merebut kemenangan perdana pada tahun keduanya membalap di MotoGP dengan menjuarai Grand Prix Spanyol di Sirkuit Jerez-Angel Nieto, Minggu (19/7).

Fabio Quartararo berhasil mengonversi pole position menjadi kemenangan perdana bagi tim satelit Petronas Yamaha. Bintang Prancis berusia 21 tahun itu mengalahkan pebalap pabrikan Yamaha Maverick Vinales yang finis runner-up dengan selisih waktu 4,603 detik.

Andrea Dovizioso dari Ducati yang telah pulih dari cedera tulang selangka, melengkapi podium ketiga setelah MotoGP 2020 dimulai pasca mengalami beberapa perubahan akibat pandemi virus corona.

Juara dunia Marc Marquez benar-benar naas pada balapan kali ini. Dia sempat memimpin lomba sebelum tergelincir keluar lintasan dan kemudian tidak dapat melanjutkan lomba akibat terjatuh dengan sangat parah.

Berhasil menyalip Vinales di lap ketiga, Jagoan Repsol Honda itu kehilangan kendali motornya dan melebar ke gravel pada lap kelima. Marquez beruntung masih mampu kembali ke trek kendati terlempar di luar 15 besar.

Berada di belakang para rival, superstar berjulukan The Baby Alien alias Si Bayi Ajaib itu menunjukkan kelasnya sebagai juara MotoGP enam kali. Perlahan namun pasti, Marquez terus memperbaiki posisinya hingga kembali ke jajaran depan.

Namun empat lap jelang finis, ketika menyerang Vinales untuk memperebutkan tempat kedua, Si Bayi Ajaib terpelanting dari motornya dan terjatuh keras. Marquez bahkan harus ditandu ke pinggir trek dan dibawa ke pusat medis.

Sedangkan Quartararo mampu mempertahankan jaraknya. Suksesor Valentino Rossi di tim pabrikan Yamaha mulai musim depan itu, menyantap balapan sepanjang 25 lap itu untuk finis terdepan.

Dia pun menjadi pebalap Prancis pertama yang menjuarai Grand Prix kelas premier, setelah Regis Laconi di Grand Prix Valencia 1999.

Balapan pembuka kelas MotoGP di Jerez berlangsung tanpa penonton dan di bawah protokol ketat Covid-1,9 setelah tertunda krisis kesehatan global selama empat bulan.

Juara dunia sembilan kali Rossi gagal menyelesaikan lomba dan menepikan motor Yamaha M1 tunggangannya tujuh lap jelang finis.

Pebalap LCR Honda Cal Crutchlow, yang seharusnya start dari P6, gagal menjalani balapan pertamanya musim ini setelah kecelakaan di Tikungan 8 pada sesi pemanasan jelang start.

Sirkuit Jerez akan kembali menggelar balapan pekan depan yang bertajuk Grand Prix Andalusia.

 

 

 

 

-a1/wci-

 

 




0 Komentar :


Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)