Jumat, 6 Agustus 2021 - 00:53:09 WIB
Tanda Mesin Motor Mengalami Overheat
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Ragam - Dibaca: 8989 kali

Medan (wartamedan.com) -

Rata-rata sepeda motor keluaran terbaru terutama dengan mesin injeksi sudah dilengkapi dengan indikator panas suhu mesin.

Dengan indikasi tersebut, pemilik motor dapat mengetahui apakah mesin motor overheat atau tidak.

Pasalnya, temperatur mesin pada kendaraan bermotor juga mempengaruhi performanya. Maka dari itu, setiap kendaraan dipasang sistem pendinginan (radiator) baik berupa udara maupun cairan untuk membantu mendinginkan mesin.

Mesin motor yang terlalu panas atau temperatur yang terlalu tinggi disebut dengan istilah overheat. Motor yang mengalami overheat memiliki beberapa ciri-ciri yang dapat diketahui pemiliknya.

Jika sudah ada indikasi tersebut, maka jangan paksakan motor untuk dikendarai lebih jauh lagi.

Dwi Suwanto, Instruktur Service PT Surya Timur Sakti Jatim Yamaha area Surabaya mengatakan, ada beberapa indikasi yang dapat dikeahui jika mesin motor mengalami overheat.

"Untuk motor injeksi sudah ada indikator panas mesin dengan gambar thermometer. Jika lampu indikator menyala dan berwarna merah, itu tandanya mesin terlalu panas atau overheat," kata Dwi.

Kalau yang tampilannya pakai bar atau balok, dapat dilihat dari balok digitalnya menunjukkan hampir menyala semua atau tersisa satu balok (80 persen).

Biasanya dalam kondisi normal, indikasi menyala sampai bar ketiga. Kalau sampai di bar keempat atau kelima, maka itu dapat dikatakan overheat.

Indikasi lainnya adalah pada saat suhu mesin panas, hawa panasnya dapat dirasakan sampai ke paha jika motor tersebut merupakan motor dengan mesin terbuka. Selain itu jika mesin overheat parah, pada saat mesin dimatikan terdengar suara air mendidih di bagian radiator.

"Dari performanya jelas terasa. Motor akan terasa seperti tertahan, kecepatannya juga melambat," kata dia.

 

 

 

-a1/kdc-




0 Komentar :


Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)