Senin, 21 Januari 2019 - 10:56:11 WIB
Dedi dan KAPPU PBB Gelar Sosialisasi MPR RI
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Nasional - Dibaca: 101 kali

Medan (wartamedan.com) -

Anggota DPD/MPR RI, Dr.H.Dedi Iskandar Batubara, S.Sos, SH, MSP memberikan Pemahaman Empat Pilar Kehidupan Berbangsa Dan Bernegara di Hotel Prime Deli Serdang,  pada hari Minggu, 20 Januari 2019.

Kegiatan tersebut dilaksanakan bekerjasama dengan Komite Aksi Pemenangan Pemilu (KAPPU) DPC PBB Kabupaten Deli Serdang Sumatera Utara, yang diikuti sebanyak 150 orang yang terdiri dari Pengurus, kader dan simpatisan PBB Deli Serdang.

Menurut H. Dedi, "Nuansa pra, saat dan pasca Pemilu akan terlihat apakah berhadapan  atau tidak dengan konstitusi, dengan kebhinnekaan dan dengan kesatuan bangsa. Sebenarnya sosialisasi efektif walaupun masih perlu peningkatan. Yang membunuh efektifitas sosialisasi adalah fenomena-fenomena negatif yang makin marak”. Dalam ceramahnya, ia menyampaikan pentingnya pendidikan karakter bangsa dalam upaya membangun karakter bangsa serta menghadapi tantangan globalisasi. “Salah satu kesadaran untuk merasakan efektifitas dari Sosialisasi 4 Pilar MPR RI adalah ketika rakyat mengatakan di situlah indahnya kebersamaan. Kebersamaan riil dirasakan rakyat, di situlah efektifitas terwujud nyata,” ujar H. Dedi.

Pada kesempatan tersebut, Bang Dedi, sapaan akrabnya kembali menegaskan, berbicara soal efektifitas Sosialisasi Empat Pilar MPR RI ini, mengakui bahwa Sosialisasi 4 Pilar sebenarnya harus efektif jika semua urun rembug secara massif melakukan sosialisasi terutama anggota MPR RI dan mendapatkan dukungan penuh rakyat. Metodenya juga harus kreatif dengan berbagai elemen masyarakat dan tokoh-tokoh yang berpengaruh.

Narasumber Endang Purwanto, SH dalam materinya, menegaskan, pendidikan karakter bangsa melalui sekolah dan lembaga pendidikan merupakan upaya yang tidak dapat ditunda lagi. Pendidikan khususnya pendidikan karakter bangsa berfungsi untuk membangun negara bangsa,"

Kegiatan Sosialisasi tersebut diwarnai dengan sesi tanya jawab. Pertanyaan seperti, apa  upaya, sikap, cara  yang di lakukan pemuda demi tercapainya negara yang makmur dan sejahtera dan untuk meningkatkan rasa nasionalisme, dilontarkan peserta sosialisasi.

Lebih jauh, Dedi menjelaskan bahwa upaya sosialisasi sangat penting dilaksanakan untuk meningkatkan rasa cinta kepada Republik Indonesia ini.

Pernak-pernik Pemilu yang negatif, lanjutnya, sangat mencederai persatuan dan kebhinnekaan bangsa.  Berita, kabar dan perilaku para elit banyak yang bertentangan dengan Pancasila, bertentangan dengan nilai-nilai kearifan, saling hajar, memunculkan isu negatif baik soal etnis dan keagamaan. Semua itu sangat menganggu eratnya hubungan antar bangsa yang direkatkan Pancasila.

“Hal tersebut tidak produktif bagi ke-Indonesia-an kita dan tidak produktif bagi kebhinnekaan kita,” katanya tegas.

 

 

-a1/wmc-

 




0 Komentar :


Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)