Sabtu, 28 Juli 2018 - 01:03:56 WIB
Berkas Bacaleg Semua Parpol di KPU Medan Tak Lengkap
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Politik - Dibaca: 419 kali

Medan (wartamedan.com) -

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Medan telah selesai melakukan penelitian berkas bakal calon anggota legislatif (bacaleg) partai politik (parpol) yang mendaftar untuk Pemilu 2019. Dari hasil penelitian tersebut, ternyata semua parpol yang lolos tahap pendaftaran harus melengkapi berkasnya.

Ketua KPU Kota Medan Herdensi Adnin mengungkapkan, berkas yang telah diteliti sudah diserahkan kepada parpol pada 21 Juli kemarin untuk dilakukan perbaikan atau dilengkapi. Selanjutnya, parpol harus melengkapi berkasnya dengan diberi waktu hingga 31 Juli 2018 mendatang.

“Semua parpol yang lolos pendaftaran di KPU Medan belum 100 persen. Untuk itu, parpol harus meminta kepada bacalegnya yang diusung agar melengkapi berkas mereka sampai batas waktu yang ditentukan (31 Juli 2018),” ujarnya.

Disebutkannya, berkas-berkas yang belum dilengkapi oleh parpol seperti surat keterangan dari pengadilan negeri, surat kesehatan dari rumah sakit, legalisir ijazah dan beberapa lainnya. Hal ini sebagaimana diatur oleh Undang-Undang Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu maupun Peraturan KPU Nomor 2018 tentang pencalonan anggota DPR/DPRD).

“Setelah parpol melengkapi berkas bacalegnya, kemudian dilakukan verifikasi lagi. Apabila nantinya sudah dinyatakan lengkap, maka akan ditetapkan DCS (Daftar Caleg Sementara),” paparnya.

Sementara, Komisioner KPU Kota Medan Pandapotan Tamba menambahkan, kekurangan berkas bacaleg sudah dianggap biasa. Sebab, dari periode sebelumnya memang tak ada yang 100 persen.

Diutarakan Pandapotan, dalam verifikasi berkas baceleg nantinya akan menggandeng instansi terkait. “Misalnya dalam mengkroscek ijazah, kita melibatkan dari Dinas Pendidikan dan Kanwil Kemenag. Sebab, mereka yang lebih mengetahui untuk meneliti berkas ijazah bakal caleg,” pungkasnya.

 

 

 

 

-a1/sbc-




0 Komentar :


Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)