Senin, 4 Juni 2018 - 03:14:35 WIB
4 Polda Naik Jadi Tipe A
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Nasional - Dibaca: 2 kali

Medan (wartamedan.com) -

Polri meningkatkan klasifikasi empat kepolisian daerah (Polda) yang semula naik menjadi tipe A. Keempatnya adalah Polda Kalimantan Selatan, Polda Kalimantan Tengah, Polda Jambi, dan Polda Nusa Tenggara Barat (NTB).

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Setyo Wasisto mengatakan, peningkatan klasifikasi Polda ini tidak bisa dilakukan begitu saja. Ada banyak faktor yang melatarbelakanginya.

"Sekarang ini kita lihat hakikat ancaman, kemudian luas wilayah, jumlah penduduk, itu juga layak menjadi tipe A," ujar Setyo di Jakarta Selatan, Rabu 23 Mei 2018 malam.

Nantinya, Polda tipe A akan dipimpin oleh pejabat Polri yang pangkatnya lebih tinggi dan memiliki kriteria tertentu.

"Pejabatnya tertentu, bisa lebih senior eselonisasinya dan sangat mendukung," kata dia.

Jenderal bintang dua ini menuturkan, peningkatan tipe empat polda ini tidak ada kaitannya dengan rentetan teror yang beberapa waktu lalu terjadi di Indonesia. Proses peningkatan tipe empat polda itu sudah cukup lama.

Bahkan pengecekannya harus melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB). "Ini sudah proses lama setahun lalu. Nah sekarang setelah di-assesment dinilai layak naik, ya naik," ucap Setyo.

Dalam pengecekan tersebut, Kementerian PANRB melihat dan menilai langsung pelayanan yang dilakukan polda-polda yang direkomendasikan.

"Kalau pelayanan masyarakat ini sudah layak tipe A atau belum. Kalau belum ya enggak dikasih. Ujung-ujungnya kepada pelayanan masyarakat," jelasnya.

Peningkatan tipe empat polda ini didasarkan pada Surat Menteri PAN-RB Nomor: B/1352/M.KT.01/2018 tanggal 11 Mei 2018, Keputusan Kapolri Nomor Kep/674/V/2018 tentang peningkatan tipe Polda Jambi, Kep/675/V/2018 tentang peningkatan tipe Polda Kalimantan Selatan, Kep/676/V/2018 tentang peningkatan tipe Polda Kalimantan Tengah, dan Kep/674/V/2018 tentang peningkatan tipe Polda Nusa Tenggara Barat.

Rencananya, upacara peresmian peningkatan tipe Polda Kalimantan Tengah akan dipimpin Kapolri Jenderal Tito Karnavian pada Kamis, 24 Mei 2018. Sementara upacara peresmian peningkatan tipe Polda Kalimantan Selatan dipimpin Wakapolri Komjen Syafruddin di hari yang sama.

Upacara peresmian peningkatan tipe Polda Jambi akan dipimpin Kapolri pada Jumat, 25 Mei 2018. Sementata upacara peresmian peningkatan tipe Polda NTB akan dipimpin Wakapolri pada Rabu, 30 Mei 2018

 

 

 

 

-a1-l6c-




0 Komentar :


Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)