Senin, 4 Juni 2018 - 02:48:20 WIB
Sosialisasi 4 Pilar, H. Dedi : Prioritaskan Pendidikan Karakter Bangsa
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Nasional - Dibaca: 169 kali

Medan (wartamedan.com) -

Anggota DPD/MPR RI, Dr.H.Dedi Iskandar Batubara, S.Sos, SH, MSP kembali memberikan pemahaman empat pilar kehidupan berbangsa dan bernegara di Hotel Madani Medan,  pada hari Sabtu, 02 Juni 2018.

Pada kesempatan tersebut, H. Dedi, sapaan akrabnya menegaskan, untuk mencegah agar tidak terpengaruh dan tergelincir dengan kehidupan yang negatif. Empat pilar MPR RI hendaknya sebagai pegangan hidup dalam bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. "Karena itu harus kita cegah pengaruh-pengaruh negatif dengan pembekalan dan pemahaman empat pilar MPR ini, “ ujarnya.

Kegiatan yang dikenal dengan sosialisasi empat pilar kebangsaan tersebut, dihadiri sebanyak 150 orang yang terdiri dari perwakilan Guru-guru, Kepala Sekolah di lingkungan Al Washliyah dan Pengurus Al Washliyah Sumatera Utara..

Menurut Dedi, "Dalam kehidupan sehari-hari, nilai-nilai Pancasila selalu kita rasakan. Begitu juga dengan Ilmu Pengetahuan dan Tekhnologi yang harus juga kita kuasai," sambungnya. Dalam ceramahnya, ia menyampaikan pentingnya pendidikan karakter bangsa dalam upaya membangun karakter bangsa serta menghadapi tantangan globalisasi. Ilmu Pengetahuan merupakan satu komponen penting yang membuat teknologi dunia semakin berkembang, tanpa adanya ilmu pengetahuan, teknologi pun tak mungkin dapat berkembang secara dinamis, "Melalui pintu atau saluran pendidikan bangsa, diharapkan dapat membangun karakter bangsa atas dasar kearifan dan identitas tradisi lokal dan melanjutkan estafet pembangunan bangsa," ujar H. Dedi.

Sementara itu, Narasumber Dr. H. Alfian, MA dalam materinya, menegaskan, pendidikan karakter bangsa melalui sekolah dan lembaga pendidikan merupakan upaya yang tidak dapat ditunda lagi. Pendidikan khususnya pendidikan karakter bangsa berfungsi untuk membangun negara bangsa,"

Narasumber lainnya, Prof. Dr. H. Ramli Abdul Wahid, MA menyampaikan soal pentingnya kualitas pendidik. Ia menyebut perlunya setiap lembaga pendidikan memiliki kebijakan sertifikasi profesional untuk meningkatkan kualitas pendidik. "Peningkatan kualitas pendidik diharapkan mampu mendongkrak kualitas pendidikan di negeri ini serta menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran bermutu," ujarnya.

Kegiatan Sosialisasi tersebut diwarnai dengan sesi tanya jawab. Antusias peserta yang begitu besar membuat acara tersebut menjadi interaktif.

Dengan terlaksananya kegiatan sosialisasi oleh Anggota MPR RI di daerah pemilihan diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan pemahaman masyarakat terhadap nilai-nilai kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara yaitu Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Bhinneka Tunggal Ika, sehingga dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

 

 

 

-a1/wmc-

 

 




0 Komentar :


Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)