Kamis, 30 Maret 2017 - 21:49:59 WIB
Aksi 313 Tak Ganggu Kondusivitas Putaran Kedua Pilkada DKI
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Nasional - Dibaca: 695 kali

Medan (wartamedan.com) -

Pengamat politik asal Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Ubedilah Badrun, menilai Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI yang tinggal menunggu waktu akan berlangsung kondusif dan aman. Meski, aksi 313 akan berlangsung pada Jumat 31 Maret 2017.

“Pilkada DKI putaran kedua akan aman-aman saja. Tetapi memang ada beberapa syaratnya,” ujar Ubay, Kamis (30/3/2017).

Menurut Ubay, agar tercipta keamanan dan kedamaian dalam konstelasi Pilkada DKI, ada beberapa persyaratan yang di antaranya adalah para pasangan calon harus menahan diri agar tidak mengemukakan pendapat yang memicu resistansi.

‎”Kedua, relawan dan para simpatisan harus merespons ketegangan politik secara rasional. Rasionalitas publik dipentingkan untuk menjaga keseimbangan ketegangan politik,” ujarnya.

Selanjutnya, sambung Ubay, para kelompok civil society juga perlu ikut andil dengan meningkatkan intensitas kampanye damai. Hal itu untuk mereduksi kepada masyarakat agar menjaga keharmonisan terhadap sesama.

“Keempat, media sebagai pilar demokrasi juga perlu merawat objektivitas untuk pilkada damai,” ujarnya.

Senada dengan Ubay, Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Jakarta, Sumarno, memberikan keyakinan bahwa putaran kedua Pilkada DKI akan berlangsung aman. “Insya Allah (aman),” singkat Sumarno saat dikonfirmasi terpisah.

Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol M Iriawan, juga sempat mengimbau seluruh elemen masyarakat untuk saling menjaga dan tidak melakukan kegiatan-kegiatan yang dapat memicu resistansi.

 

 

 

 

-a1/woc-




0 Komentar :


Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)