Kamis, 29 September 2016 - 17:49:54 WIB
Dedi: Pemda Usulkan Sistem DAK Bottom Up
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Medan - Dibaca: 1068 kali

Medan (wartamedan.com) -

Anggota DPD RI, Dedi Iskandar Batubara, mengatakan pemerintah daerah Sumatera Utara mengusulkan pembiayaan Dana Alokasi Khusus (DAK) dengan sistem Bottom Up(dari bawah ke atas) dalam bentuk proposal. Tujuannya agar pemerintah pusat dapat menyesuaikan kebutuhan daerah pada jenis, lokasi dan besaran pembiayaan.

Hal tersebut disampaikan Dedi dalam rapat koordinasi, sinkronisasi dan harmonisasi rencana kegiatan Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik 2017, di Aula Gedung Keuangan Negara, Jalan Diponegoro, Kota Medan. Ia menjelaskan berdasarkan amanat UU Nomor 33 Tahun 2004, pelaksanaan penentuan DAK telah mengalami perkembangan beragam.

“Penentuan DAK dengan sistem Top Down dari pemerintah pusat seringkali menimbulkan masalah di lapangan. Karena pusat tidak tahu apa yang sebenarnya menjadi kebutuhan dan prioritas di daerah,” kata Dedi, Kamis (29/9).

Menurut Senator asal Sumut ini, usulan pemda terkait DAK dengan sistem Bottom Up seringkali tidak diakomodir pemerintah pusat dan biasanya direspon dengan program lain. Dedi melanjtukan, DAK masih menyisakan masalah dan perlu sarana untuk memaksimalkan hasil akhir pembiayaan daerah.

“Rapat koordinasi ini untuk mendekatkan hal yang menjadi pembiayaan pembangunan kebutuhan daerah dengan kebijakan pembiayaan kementerian keuangan,” bebernya.

Kebijakan DAK, sambungnya, diarahkan untuk percepatan pembangunan daerah. Melalui DAK, daerah dapat meningkatkan kualitas pelayanan dan produktivitasnya, mengurangi kesenjangan antar daerah, dan mendorong percepatan pembangunan.

“Untuk itu, usulan DAK ini perlu didukung dengan pemetaan kebutuhan prioritas dan strategis pada setiap daerah. Ini akan dihubungkan dengan rencana kerja pemerintah dan RUU APBN 2017,” tukasnya.

 

 

 

 

-a1/smc-




0 Komentar :


Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)