Rabu, 3 Juni 2015 - 19:01:46 WIB
Alasan-alasan Memilih Motor Matik
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Ragam - Dibaca: 851 kali

Medan (wartamedan.com) -

Di awal kehadirannya, skutik kurang mendapat respons positif dari konsumen karena mengusung transmisi otomatis serta konsumsi BBM yang dianggap boros. Namun saat ini, skutik justru berbalik dan menjadi jenis sepeda motor yang pertumbuhan sangat pesat di Indonesia.

Praktis, motor berjenis skutik mendominasi penjualan. Bahkan diprediksi, skutik masih akan menjadi tren dalam 2-3 tahun ke depan.

Konsumen tentunya punya banyak pertimbangan untuk memiliki skutik sebagai moda transportasi yang ideal. Setidaknya ada lima asalan mengapa skutik jadi primadona, berikut uraiannya: 

Mudah pengoperasian 

Kondisi jalan yang padat khususnya di sejumlah kota besar di Indonesia menjadi landasan konsumen mencari motor yang mudah pengoperasian tapi juga tetap berperforma. Otomatis, motor berjenis bebek mulai ditinggalkan dan menjatuhkan ke skutik yang tak perlu oper gigi atau menarik tuas kopling saat sepeda motor sedang merayap perlahan.

Saat mengendarai skutik, pemotor hanya perlu nge-gas dan ngerem. Selain itu, skutik-skutik modern juga memiliki tarikan yang cukup spontan.

Irit BBM

Di awal kemunculannya, skutik-skutik yang beredar di Indonesia dikenal memiliki konsumsi BBM yang boros. Namun begitu, seiring kemajuan teknologi, konsumsi BBM skutik pun dapat semakin ditekan.

Salah satu contoh pengembangan teknologi mesin pada skutik yaitu teknologi Blue Core yang diaplikasikan oleh Yamaha. Diungkapkan Staff Service Education PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Ridwan Arifin, Blue Core merupakan platform mesin generasi terbaru yang menjanjikan performa dan efisiensi.

Efisiensi dihasilkan dengan dukungan komponen-komponen pendukung untuk menjaga suhu lebih stabil dan performa maksimal. Blue Core juga menerapkan kisi-kisi silinder yang lebih tipis dan rapat serta oli jet piston cooler yang berfungsi melepas suhu panas di ruang pembakaran mesin.

Multi User

Skutik saat ini dikendarai oleh berbagai latar belakang pengguna. Tak hanya kalangan remaja, skutik juga digunakan oleh para konsumen yang berusia mapan.

"Hampir seluruh anggota keluarga seperti istri atau anak remaja perempuan dapat menggunakan sepeda motor jenis ini dalam kegiatan sehari-hari," papar Thomas Wijaya, Division Head Sales Division AHM.

Ia pun meramalkan jika Skutik dalam 2 hingga tiga tahun ke depan masih menjadi primadona. Hal ini tak lepas karena sepeda motor jenis ini yang sifatnya multi user.

Fungsionalitas

Skutik juga memiliki fungsionalitas yang menunjang kebutuhan penggunanya. Skutik yang dipasarkan saat ini, telah dilengkapi dengan volume bagasi yang cukup besar.

Besarnya bagasi pada skutik didesain agar mampu memuat sebuah helm half face atau full face. Selain itu, kapasitas tangki BBM skutik saat ini juga cukup besar sehingga memungkinkan si pengendara tidak perlu sering-sering mampir ke SPBU untuk mengisi BBM.

Bahkan, untuk mengakomodir gaya hidup masyarakat urban perkotaan, ada juga pabrikan yang melengkapi skutik yang mereka produksi dengan colokan charger untuk ponsel seperti yang dilakukan TVS pada model Dazz DFI.

"Ini untuk memastikan handphone selalu dalam kondisi terisi penuh," kata Rio Aditya Putra, Deputi Manager Corporate Communication TVS Motor Indonesia.

Model yang beragam

Luasnya pasar yang dicakup oleh skutik saat ini menuntut para produsen menghadirkan skutik dalam berbagai model. Model-model ini dipasarkan dengan rentang harga yang cukup luas.

Banyaknya model yang ditawarkan tersebut membuat konsumen memiliki banyak opsi yang sesuai dengan gaya dan koceknya. Bagi yang menggemari gaya klasik, konsumen dapat memilih skutik dengan desain retro, sedangkan untuk yang modis dapat memilih skutik dengan model-model sporty atau juga bergaya futuristik.

 

 

 

 

-a1/l6c-




0 Komentar :


Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)