Kamis, 26 Februari 2015 - 18:19:38 WIB
BWI Kota Medan 2014-2017 Dilantik
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Medan - Dibaca: 8925 kali

Medan (wartamedan.com) -

Wakaf merupakan salah satu instrument ekonomi syariah yang perlu mendapatkan perhatian dan harus dikembangkan ke depannya. Sebagai  instrumen  yang memiliki potensi ekonomi besar, sudah saatnya bangsa Indonesia, termasuk masyarakat Kota Medan untuk memanfaatkan wakaf ini semaksimal

Demikian diungkapkan Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi ketika menghadiri pelantikan pengurus Badan Wakaf Indonesia (BWI) Kota Medan periode 2014-2017 di Aula Kantor Kementrian Agama Kota Medan Jalan Sei Batugingging, Kamis (26/2).

Apalagi kata Wali Kota, hal ini diperkuat dengan keberadaan UU No.41/2014 tentang wakaf, yang memberikan landasan yuridis dan hukum yang kuat bagi pengembangan wakaf ke depan, baik berupa asset tetap seperrti gedung dan tanah maupun berupa uang.

Menurut Wali Kota, berbicara tentang wakaf tentunya tidak terlepas dari upaya dalam menjaga asset-aset Allah demi kemaslahatan agama dan umat manusia. “Untuk itulah kita ke depan harus berhati-hati menjaga asset Allah ini, baik dari segi pengelolaannya sehingga ke depannya bisa dijaga dengan sebaik-baiknya,” kata Wali Kota.

Atas dasar ituklah Wali Kota berharap, melalui pelantikan ini BWI Kota Medan dapat menjadi lembaga independen yang bertugas memajukan dan mengembangkan perwakafan nasional, khususnya di Kota Medan. Di samping itu BWI juga dapat memerankan agenda-agenda dalam upaya mengatasi persoalan sengketa wakaf yang seringkali terjadi dan berada di garda terdepan dalam menjawab persoalan tersebut.

Selanjutnya Walikota mengingatkan kepada pengurus yang baru dilantik ini, agar kepercayaan yang diberikan harus diemban dengan tangan terbuka. Artinya, amanah yang dipercayakan ini merupakan bentuk kerpecayaan para pengurus lainnya untuk secara bersama-sama mengembangkan perwakafan nasional di Kota Medan.

“Saya berharap pengurus yang baru dilantik hari ini dapat menjaga eksistensinya, serta saling berkoordinasi dan bersinergi dengan setiap stakeholder yang ada agar segala visi dan misi BWI dapat dilaksanakan sesuai aturan yang ada,” harapnya.

Pelantikan BWI Kota Medan ini turut dihadiri Ketua BWI Provinsi Sumatera Utara H Panusunan Pasaribu yang diwakili H Panusunan Pasaribu, Ketua Asosiasi Majelis Taklim Indonesia Rosna Siregar, KUA kecamatan se-Kota Medan, kepala madrasah se-Kota Medan, Ketua PD Alwasliyah Kota Medan As’sadi, Ketua Himpunan Nazir Wakaf Sumut H Taufik Qurahman SH MAP serta tokoh masyarakat dan tokoh agama.

Ketua BWI Kota Medan periode 2014-2017 yang baru dilantik, Ahmad Zuhri LC MA mengatakan, ada 3 hal yang akan dilakukan secepatnya usai pelantikan ini yakni memberikan pencerahan dan pembinaan kepada para nazir. Kemudian melakukan inventarisasi yang berkekuatan hukum tetap, serta memproduktifkan wakaf.  “Selain itu agenda yang akan kita lakukan secepatnya yaitu mengembalikan tanah wakaf yang selama ini hilang,” jelas Ahmad Zuhri.

 

 

 

 

 

-a1/sbc-




0 Komentar :


Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)